Cara Setting Facebook Instant Articles di WordPress

Untuk Info Penuh Klik Pada Iklan Ini

step16

Facebook Instant Articles merupakan salah satu fitur dalam Facebook yang dapat membuat tautan artikel di Facebook Mobile menjadi 10x lebih cepat dibuka dibandingkan postingan biasa. Pengguna tidak perlu menunggu loading terlalu lama dan berpindah ke web browser terlebih dahulu untuk dapat membaca tautan artikel yang diinginkan.
Nah, dalam Facebook Mobile, fitur Facebook Instant Articles ditandai dengan tanda petir pada bagian kanan post image seperti gambar berikut.
                       screenshot_14      screenshot_2016-11-03-13-49-58-187_com-facebook-katana
Ketika Anda klik postingan artikel tersebut, Anda akan langsung diarahkan ke sana tanpa harus membuka web browser terlebih dahulu. Menarik, bukan? Facebook Instant Articles menghadirkan pengalaman akses artikel melalui Facebook tanpa loading page.
Media ternama seperti Kompas, Liputan 6, Brightside, Mashable, dan National Geographic telah menggunakannya. Sebagai penanda, terdapat tanda petir pada bagian atas postingan artikel di Facebook saat Anda mengaksesnya melalui versi mobile. Anda juga bisa menggunakannya pada page Facebook yang Anda kelola. Postingan artikel menarik pada website WordPress dapat Anda hubungkan dengan facebook articles untuk akses lebih nyaman dan cepat.

Apa yang Dapat Dilakukan Facebook Instant Articles untuk Anda?

  • Facebook Instant Articles 10x Lebih CepatPengguna tidak perlu menuggu waktu untuk melihat artikel/posting Anda. Mereka akan merasa lebih nyaman ketika membaca artikel di website WordPress tanpa harus menunggu loading.
  • Jangkauan Post Lebih LuasLoading time yang lebih cepat memungkinkan pengguna lebih mudah untuk membagikan artikel dan jangkauan Anda tentu semakin luas.
screen-shoot-instant-article
  • Leluasa Melakukan PengaturanFacebook Instant Articles membuat Anda lebih leluasa menyesuaikan pengaturan brand Anda. Logo hingga warna dapat Anda sesuaikan sesuai keinginan.
  • Analisis Network Audience
    Informasi detail audience yang mengakses artikel bisa Anda lihat, bahkan informasi jumlah klik per artikel pun tersedia dalam Facebook Instant Articles ini.

Bagaimana Cara Menggunakan Facebook Instant Articles?

Dalam artikel ini Anda dapat sendiri mencoba cara mudah menghubungkan Facebook Instant Articles ke website WordPress Anda.
Akan tetapi, sebelum Anda menggunakan Facebook Instant Articles, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan:
  • Fanpage Facebook untuk website WordPress Anda
  • Website WordPress
  • Menginstal plugin Instant Articles for WP di WordPress
  • Memiliki lebih dari 10 artikel di website 
Jika Anda sudah memenuhi persyaratan yang ditetapkan di atas, ikuti langkah berikut untuk mulai menggunakan Facebook Instant Articles pada website Anda.

1. Sign Up di Facebook Instant Articles

1. Pertama-tama, akses https://instantarticles.fb.com/ dan klik SIGN UP.
step1
2. Setelah Anda klik SIGN UP, pilih page Facebook yang akan Anda gunakan untuk Facebook Instant Articles.
step2
3. Kemudian, saatnya Anda menghubungkan dengan website WordPress Anda. Klik Connect Your Site pada bagian Langkah 1 sebagaimana ditandai dalam kotak merah di bawah ini.
step3
4. Dalam menu Connect Your Site masukkan URL website WordPress yang akan Anda gunakan.
Sebelum klaim URL website Anda, masukkan terlebih dahulu meta tag pada website WordPress Anda.
step4
5. Copy meta tag yang tertera pada halaman Facebook Anda dan masukkan pada bagian footer WordPress Editor Anda.
step5
step6
6. Jika sudah, klik Klaim URL hingga muncul tampilan seperti di bawah ini.
step6
7. Hal yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah melakukan pengaturan Produksi Umpan RSS di Facebook Instant Articles.
Pada kolom Produksi Umpan RSS, masukkan URL berikut ini dan klik SIMPAN:
http://www.example.com/feed/instant-articles
step9

2. Setting Plugin Instant Articles for WP pada Website WordPress 

Selamat, pada tahap ini Anda telah berhasil melakukan pengaturan Facebook Instant Articles di Facebook. Selanjutnya Anda perlu melakukan pengaturan tambahan pada platform WordPress.
1. Instal plugin Instant Articles for WP pada akun WordPress Anda. Cara instalasinya secara lengkap bisa Anda dapatkan melalui link berikut ini: https://www.niagahoster.co.id/kb/cara-instal-plugin-via-dashboard. Sedangkan plugin ini bisa Anda dapatkan di langsung di WordPress.org.
stepinstalplugin
2. Setelah instalasi selesai, masuklah pada halaman pengaturan plugin seperti gambar bawah ini untuk mengaktifkan plugin. 

fbplugin
3. Aktifkan Plugin Instant Articles pada WordPress

1. Untuk mulai mengaktifkan, Anda memerlukan APP ID dan APP SECRET. Keduanya bisa Anda dapatkan melalui Facebook Apps. Kemudian, buka https://developers.facebook.com/apps/ dan klik Buat Aplikasi Baru.
step10
2. Masukkan nama aplikasi yang akan Anda buat. Kolom ini dapat Anda isi sesuai nama website atau apapun. Kemudian silakan masuk pada bagian Pengaturan, klik Tambahkan Platform, dan pilih Situs Web.
step11
3. Masukkan nama website Anda seperti pada gambar di bawah ini dan silakan kembali ke Dashboard untuk mendapatkan ID Aplikasi dan Kunci Rahasia Aplikasi.
step13
4. Sekarang Anda sudah mendapatkan ID Aplikasi dan Kunci Aplikasi untuk dimasukkan di website WordPress Anda. Namun, jangan lupa mengubah tinjauan aplikasi untuk publik.
step14

4. Kembali ke WordPress Anda, Masuk pada Pengaturan “Instant Articles”

fbplugin

1. Masukkan App ID berikut App Secret, kemudian klik NEXT. Login dan ikuti langkah-langkah selanjutnya untuk mengaktifkan plugin.
step15
2. Pilih halaman Facebook Anda dan atur tampilannya pada Facebook. Anda juga dapat memasukkan logo dan warna untuk tampilan postingan artikel Anda.
3. Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan artikel untuk validasi dari Facebook. Langkah ini diperlukan dalam rangka aktivasi Facebook Instant Articles. Sebelum klik Submit Review, pastikan Anda sudah mengikuti syarat dan ketentuan Facebook Instant Articles sesuai pengaturan.
screenshot_13
4. Tunggu sekitar 2-3 hari, Facebook akan meninjau pengajuan aktivasi Facebook Instant Articles Anda. Preview tampilan artikel yang Anda submit dapat dilihat melalui aplikasi Facebook Manager dalam versi mobile. Berikut adalah perbandingan tampilannya, semasa preview maupun setelah diterbitkan.
sampleq                                     screenshot_2016-11-10-10-14-14

Kemampuan loading cepat serta kemudahan akses adalah dua benefit utama yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan Facebook Instant Articles.
Di masa arus informasi yang serba cepat seperti sekarang, fitur ini akan sangat membantu Anda, terutama dalam mendatangkan lebih banyak traffic ke website Anda.
Selain dengan cara di atas, Anda juga dapat menggunakan WP Push Notifications untuk mendatangkan lebih banyak traffic. Ini adalah layanan yang akan mengirimkan notifikasi kepada pengguna setiap kali Anda menerbitkan konten terbaru. Seperti sebuah newsletter, hanya jauh lebih efektif.
Akhir kata, demikian panduan cara setting Facebook Instant Articles di Website WordPress ini kami persembahkan untuk Anda. Selamat mencoba!
Sumber : niagahoster
Powered by Blogger.